PERSPECTIVE LEADERSHIP WITH NLP


Bicara mengenai leadership, tidak akan habis-habisnya, banyak sekali training mengenai leadership. Salah satu yang paling saya sukai adalah mengenai Perspective Leadership dari NLP. Sebenarnya sebelum seseorang mampu memimpin orang lain, dia harus bisa memimpin diri sendiri dulu. Jika dia tidak bisa memimpin dirinya, bagaimana dia bisa menjadi contoh buat yang dipimpin? Robert Dilts dalam bukunya Visionary Leadership menyatakan Perspective Leadership terdiri dari 4 yaitu:

  1. Self
  2. Others
  3. Goals
  4. System

Self disini adalah self skills, yaitu keterampilan diri seperti strategy, attitude, motivasi, empowerment, criteria etc. Bahwa seorang leader mesti menjadi role model dari yang dipimpinnya. Untuk itu apakah leader tersebut menguasai keterampilan dalam dirinya, apakah dia memiliki karakter yang kuat, fondasi yang kuat, Seorang leader mesti walk the talk, apakah dia menjalankan apa yang dia katakan? yang dia ajarkan? Apakah dia melakukan apa yang dia minta orang lain lakukan? Bagaimana pola pikirnya, dll? Self skills ini merupakan fondasi dasar dariseorang leader yang ingin memiliki leadership yang bagus.

Yang kedua adalah others yaitu keterampilan dalam berhubungan dengan orang lain. Seorang leader yang memiliki leadership adalah dia mampu mempengaruhi orang lain, dia mampu mendapatkan pengikut. Kemampuan mempengaruhi orang lain untuk rela mengikutinya tentu memerlukan keterampilan dalam membangun relasi. Di NLP banyak sekali tools yang menyangkut bagaimana membangun hubungan harmoni/kedekatan, bagaimana membangun kepercayaan, bagaimana bisa memimpin, mengarahkan dan mempengaruhi orang-orang. Banyak tools NLP yang sangat aplikatif dalam persuasi, komunikasi yang kesemuanya sangat dibutuhkan dalam membangun relasi dengan orang lain terutama dengan staff Anda.

Yang ketiga adalah goals, dalam memimpin teamnya, seorang leader harus mempunyai goal, selain goal jangka pendek, juga goal jangka panjang, team yang dipimpinnya mau dibawa kemana, apa visinya. Dia mesti menguasai bagaimana strategi setting goal yang tepat. Apa yang diperlukan untuk mencapai goal tersebut dll.

Yang keempat adalah sistem, bahwa seorang leader harus bisa mengidentifikasi masalah, bagaimana dia melihat sebuah masalah yang muncul, bagaimana dia mengatasi masalah yang ada. Kemampuan dia menghadapi masalah dalam keseluruhan system sangat diperlukan dari seorang leader.

Semoga Bermanfaat…!!!

Irene Corry

NLP Master Trainer

Certified Coach Trainer

Read More ----------------->>>